Pendaftaran PPDB Online Dimulai, Ini yang Harus Diperhatikan

Pendaftaran PPDB Online Dimulai, Ini yang Harus Diperhatikan

Senin, 01 Juli 2019, 11.51
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg


Pendaftaran online penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri di Banyumas, Jawa Tengah, mulai dibuka Senin (1/7). Orang tua  dan calon peserta didik (CPD) diminta untuk memperhatikan langkah-langkah pendaftaran.
 
Ketua Panitia UNBK SMA/MA/SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jateng, Yuniarso K. Adi, mengemukakan, lebih dari 11.000 CPD bakal melakukan pendaftaran online pada 1-5 Juli 2019. Oleh karena itu, dia menyarankan, sebelum mendaftarkan diri, peserta didik harus memastikan zonasi yang dapat diikuti. Setelah itu, tetapkan pilihan calon sekolah.
 
"Strateginya, sebaiknya jangan hanya satu pilihan. Calon peserta didik dapat memilih sekolah yang diingingkan dan yang memungkinkan atau berpeluang diterima meskipun kurang disukai," ujar Yuniarso, melalui aplikasi perpesanan, Minggu (30/6).
 
Yuniarso mengatakan, khusus bagi CPD SMA negeri yang mendaftar melalui jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orang tua/ wali hanya dapat mendaftar pada satu sekolah. Berbeda dengan calon siswa yang mendaftar melalui jalur zonasi.
 
Menurut dia, CPD harus berhati-hati saat mengisi  data di laman  http://ppdb.jatengprov.go.id. . Pastikan memasukkan kode token yang diperoleh saat melakukan verifikasi berkas sepekan lalu. "Periksa lagi, setelah benar semua baru klik 'OK'. Jangan lupa untuk mencetak bukti pendaftaran," katanya.
 
Menurut dia, orang tua  ataupun calon siswa dapat melakukan pendaftaran PPDB online ini di mana pun. Artinya, tak perlu harus datang ke sekolah yang dituju. Kendati demikian, Yuniarso tidak melarang peserta didik untuk mendaftarkan diri ke sekolah.
 
Dia mengatakan, calon peserta didik yang telah mendaftar di SMA negeri, tidak dapat mendaftar di SMK negeri di wilayah Provinsi Jawa Tengah tahun ajaran 2019/2020. Proses pendaftaran ini, berakhir pada 5 Juli 2019.
 
"Hasil seleksi akan diumumkan 9 Juli. Lalu, dilanjutkan proses daftar ulang 10-11 Juli 2019," katanya. 

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

Gambar : gatra.com
Sumber : gatra.com

TerPopuler