Album BTS Map of The Soul: Persona Puncaki Billboard 200

Album BTS Map of The Soul: Persona Puncaki Billboard 200

Rabu, 24 April 2019, 14.20
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg


BTS berhasil meraih nomor 1 di tangga musik top Billboard 200 lewat album mininya yang bertajuk "Map of The Soul: Persona". 

Dilansir dari laman resmi Billboard pada Minggu (21/4/2019), Top 200 Billboard sendiri merupakan rangking mingguan dari daftar album paling populer di seantero United States. 

Album "Map of the Soul: Persona" menjadi album ketiga BTS yang berhasil menduduki posisi nomor 1 di tangga album top 200 Billboard. 

Kedua album lainnya yang telah lebih dulu berhasil meraih posisi teratas ialah album "Love Yourself: Tear" yang merupakan album dari artis Korea pertama yang berhasil masuk dalam top 200 Billboard. Capaian tersebut berhasil diraih BTS pada bulan Mei tahun lalu. 

Album kedua BTS yang berhasil masuk dalam top 200 Billboard adalah "Love Yourself: Answer" yang meraih posisi teratas pada bulan September tahun lalu. 

Jika dikalkulasikan, BTS telah berhasil menduduki posisi nomor 1 di tangga album top 200 Billboard dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Capaian tersebut merupakan prestasi yang luar biasa dalam industri musik dunia. 

Atas capaian tersebut, Billboard menyandingkan BTS dengan group musik legendaris dunia yaitu The Beatles. 

Menurut Billboard, group musik selain BTS yang berhasil meraih posisi teratas dengan 3 album yang berbeda di top 200 Billboard dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun adalah The Beatles. 

Capaian tersebut berhasil diraih group musik legendaris ini melalui album mereka bertajuk "Anthology 1", "Antology 2", serta "Antology 3" yang menduduki posisi No. 1 dalam kurun waktu antara Desember tahun 1995 hingga November tahun 1996. 

Selain berhasil mengukir sejarah atas keberhasilannya meraih posisi teratas di top 200 Billboard, BTS juga telah berhasil memecahkan rekor mereka sendiri lewat keberhasilannya dalam meraih total penjualan yang fantastis di United States. 

Berdasarkan data dari Mielsen Korea yang dikutip Soompi, album "Map of The Soul: Persona" berhasil menjual sebanyak 230.000 equivalent album unit dalam kurun waktu 12-19 April 2019. Total penjualan ini merupakan penjualan tertinggi pada pekan pertama yang berhasil diraih oleh boy group asuhan Big Hit Entertainment. 

Jumlah total penjualan tersebut terdiri dari 190.000 keping atas penjualan album tradisional, 8.000 keping atas penjualan track equivalent album (TEA), serta 26.000 keping aras penjualan streaming equivalent album (SEA). 

Baru-baru ini, BTS melalui album terbarunya juga telah berhasil mengukir rekor baru dengan menjadi album pertama Korea yang meraih penjualan terbanyak dengan total penjualan sebanyak 2 juta keping album di tangga musik Hanteo. 

Selain itu, "Map of The Soul: Persona" juga berhasil mengukir sejarah dengan keberhasilannya meraih posisi nomor 1 pada tangga lagu United Kingdom.

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

Gambar : Tirto.id
Sumber : Tirto.id

TerPopuler