UHAMKA Membangun Sekolah Menuju Indonesia Unggul

UHAMKA Membangun Sekolah Menuju Indonesia Unggul

Senin, 21 Januari 2019, 12.41
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg

Liputan24 - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau UHAMKA membangun sekolah menuju Indonesia unggul. Bahkan UHAMKA telah melakukan peletakan batu pertama pendirian gedung Fakultas Kedokteran. Pada 30 Juli 2018, Dr. (H.C.) Zulkifli Hasan, S.E., M.M selaku Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pun sudah meresmikannya. Ground breaking ini sesuai dengan Menristekdikti (Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan) no 250/KPT/I/2018. UHAMKA terbukti sudah dipercaya dan diizinkan untuk memiliki Fakultas Kedokteran (FK).

Tak hanya membangun gedung Fakultas Kedokteran saja, UHAMKA juga menjadi satu dari 89 Perguruan Tinggi yang menerima hibah Program Revitalisasi LPTK tahun 2018. Hal tersebut didapat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2018 lewat kegiatan Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Ada 10 dosen UHAMKA yang berasal dari berbagai program studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang ditugaskan langsung ke sekolah-sekolah, seperti PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Program PDS ini memerlukan komitmen dosen yang besar untuk mengalami sekaligus menjadi guru di sekolah mitra. Bagi seorang dosen, menjadi guru di sekolah ialah hal yang baru. Dosen harus menyesuaikan dengan beragam hal yang sering diberlakukan di sekolah. Program PDS ini sendiri mengandung multifungsi untuk upaya peningkatan kualitas persiapan calon guru yang profesional. Sebut saja hilirisasi beragam novelty LPTK ke sekolah mitra yang berkaitan dengan pesatnya pengembangan ilmu pendidikan dan teori-teori belajar, memberikan fasilitas kepada dosen untuk menghayati menjadi guru di sekolah mitra secara langsung.

Langkah UHAMKA membangun sekolah menuju Indonesia unggul ini bisa memperkokoh kemitraan yang terjalin antara LPTK dan sekolah mitra. Dimana muaranya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa yang akan menjadi calon guru. Hasil yang diperoleh dari program PDS ini nantinya bisa disusun menjadi laporan. Kemudian akan disharing di depan kelas bersama dengan para mahasiswanya. Harapan ialah ilmu dari lapangan bisa memperkaya materi perkuliahan yang sangatlah penting bagi para mahasiswa. Hal yang pasti, program PDS ini sangatlah bermanfaat bagi dosen. Materi kuliah yang akan disampaikan ke mahasiswa pun menjadi jauh lebih fleksibel dan luwes.


Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : menara62.com

TerPopuler