Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

UHAMKA Dibantu Oleh Muhammadiyah Sebagai Universitas Akidah Islam

Liputan24 -  UHAMKA dibantu oleh Muhammadiyah sebagai perguruan tinggi berakidah Islam yang berasaskan Pancasila dan UUD 1945 serta bers...


Liputan24 - UHAMKA dibantu oleh Muhammadiyah sebagai perguruan tinggi berakidah Islam yang berasaskan Pancasila dan UUD 1945 serta bersumber pada Al Quran dan As-Sunah. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) melakukan tugas caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan mengadakan pembinaan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, penelitian, pendidikan dan pengajaran, dan pengabdian pada masyarakat sesuai tuntunan Islam.

UHAMKA merupakan perubahan bentuk dari IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Muhammadiyah Jakarta dengan nama mulanya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). PTPG ini sendiri diresmikan pada tanggal 25 Rabiul Awal 1377 H/18 November 1957 M. Pendirinya ialah Arso Sosroatmodjo (ketua) dan HS Prodjokusumo (sekretaris). Seiring berjalannya kebijakan pemerintah, di tahun 1958 PTPG berubah menjadi FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).
FKIP ini menginduk pada Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Di tahun yang sama, FKIP dipercaya Jawatan Pendidikan Agama, Kementerian Agama, guna mendidik pegawainya supaya menjadi guru PGA yang bermutu baik. FKIP UMJ pada tahun 1965 berdiri sendiri dengan nama IKIP-MJ (IKIP Muhammadiyah Jakarta). Selanjutnya, pada tahun 1979 sampai 1990 memperoleh kepercayaan dari pemerintah guna mengelola Program Diploma Proyek Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Kemudian pada tahun 1990 sampai 1997, IKIP-MJ dipercaya untuk mengelola Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang berlanjut hingga 2007. UHAMKA juga diberi kepercayaan untuk mengadakan Program PGSD S1 Reguler dan Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tak hanya itu, UHAMKA juga diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan Program Sertifikasi Guru dan Pendidikan Profesi Guru. Para pengelola IKIP-MJ pun melihat bahwa IKIP Muhammadiyah Jakarta harus ditingkatkan peranannya dan menyediakan SDM berkualitas.

UHAMKA dibantu oleh Muhammadiyah mengkonversi IKIP Muhammadiyah Jakarta menjadi Universitas. Dalam hal ini, dibentuklah Tim Konversi Universitas dengan ketua Prof. Drs. H. Sudarno Sinduwiryo, M.Ed. Setelah melewati berbagai proses, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan lewat Dirjen DIKTI Depdikbud memutuskan perubahan bentuk IKIP-MJ menjadi UHAMKA dengan Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No. 138/DIKTI/Kep/1997, pada tanggal 30 Mei 1997. Saat ini, UHAMKA telah menjalin kerjasama dengan berbagai universitas yang ada di dalam dan luar negeri. UHAMKA benar-benar bisa dihandalkan dan dipercaya.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : ptpp-urban.com

https://www.uhamka.ac.id/reg