UHAMKA dan Universitas Negeri Padang Jalin Kerjasama

UHAMKA dan Universitas Negeri Padang Jalin Kerjasama

Senin, 14 Januari 2019, 11.59
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg
Liputan24 - UHAMKA mempunyai kerjasama dalam banyak bidang, baik di dalam ataupun di luar negeri. Partner kerja yang dimiliki UHAMKA diantaranya adalah institusi pendidikan, industri, organisasi, juga institusi pemerintahan. Yang semuanya bukan hanya berada di dalam negeri saja, namun juga di luar negeri. Salah satu bentuk kerjasama ini diwujudkan dengan adanya kerjasama UHAMKA dan Universitas Negeri Padang.


UHAMKA dan Universitas Negeri Padang telah bekerja sama. Hal ini diketahui dari pertemuan rektor UNP dengan rektor UHAMKA yang berlangsung di Lt. 4 Rectorate and Research Center UNP pada bulan Juli lalu. Ini merupakan sebuah kehormatan untuk universitas yang berada di Sumatera Barat. Karena disamping sebagai wujud menghargai tanah kelahiran tokoh ulama besar Buya Hamka, di sisi lain upaya peningkatan kerjasama UHAMKA untuk penyelenggaraan program Pendidikan Profesi Konselor dengan UNP.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MOU antara UNP dan UHAMKA. Bila dilihat kapasitas penyelenggaraan program Pendidikan Profesi Konselor yang berada di Fakultas Ilmu Pendidikan UNP. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan UHAMKA pantas untuk bekerjasama dengan FIP UNP. Sebab konselor yang ada di seluruh Indonesia kebanyakan adalah alumni PPK BK FIP UNP. Dengan akreditasi yang dimiliki oleh PPK FIP UNP, maka FKIP UHAMKA tidak akan salah bila bekerja sama. Sebab program tersebut adalah salah satu yang tertua di Indonesia. Mulanya program PPK adalah bagian integral jurusan BK yang sudah terakreditasi A. Dan mendapat konfirmasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi lewat surat Dirjen Dikti No.30909/D/T/2001 tanggal 21 Desember 2001.

Kehormatan tersendiri bagi UNP sebab dapat berkolaborasi dengan UHAMKA. Salah satu universitas yang dimiliki Muhammadiyah dengan nama tokoh ulama besar dari Tanah Minang tersebut. Dengan adanya kerjasama ini, maka program PPK dan PPK FIP UNP untuk meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa bisa terwujud.

Kedepannya semua pihak berharap UHAMKA dan Universitas Negeri Padang bisa bekerjasama dengan baik. Pertemuan yang sudah diselenggarakan bukan hanya sekedar penandatangan MOU dan MOA saja. Namun bisa benar-benar terjalin sebuah kerjasama yang erat.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : unp.ac.id

TerPopuler