Peran UHAMKA Dengan Perkembangan Islam Lewat Prodi PAI

Peran UHAMKA Dengan Perkembangan Islam Lewat Prodi PAI

Kamis, 24 Januari 2019, 09.25
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg

Liputan24 - UHAMKA dengan perkembangan Islam seiring berdampingan dengan adanya program studi Pendidikan Agama Islam. Adanya prodi Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu bentuk dukungan UHAMKA terhadap perkembangan Islam di era kini. Sebagai Perguruan Tinggi yang berakidah Islam, UHAMKA menaruh perhatian yang tinggi terhadap perkembangan Islam. UHAMKA sangat berharap bahwa agama Islam bisa terus mengalami perkembangan secara pesat.

Dalam upaya mendukung perkembangan Islam, UHAMKA menyediakan program studi Pendidikan Agama Islam dengan tujuan menghasilkan tenaga pengajar pendidikan agama Islam yang profesional. Tak hanya itu, diharapkan bisa menghasilkan tenaga pengajar yang memiliki kemampuan manejerial lembaga pendidikan Islam dalam hal sektor industri pendidikan dengan fokus kepada mutu. Dalam hal ini, ada beberapa kriteria yang penting untuk diketahui.

Adapun kriteria tersebut ialah menghasilkan akademisi pendidikan agama Islam, khususnya dalam hal penelitian agama Islam dan pengembangan teknologi pembelajaran. Selain itu, kriteria lainnya ialah menghasilkan lulusan yang bisa menguasai instrumen aplikatif manajemen pendidikan dan dasar-dasar teori untuk dapat merumuskan, mengidentifikasi, sekaligus memecahkan masalah dalam kemajuan lembaga pendidikan. Lanjut, diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneurship dalam bidang pendidikan.

Prodi Pendidikan Agama Islam yang disediakan UHAMKA juga menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dimana hal tersebut sangatlah dibutuhkan dalam lembaga pendidikan. UHAMKA juga menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan komunikasi dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam pembelajarannya. Lulusan UHAMKA dengan prodi Pendidikan Agama Islam tak boleh diremehkan.

Peran UHAMKA dengan perkembangan Islam lewat prodi Pendidikan Agama Islam ini memiliki beberapa kompetensi, yakni kompetensi utama, pendukung, dan kompetensi lainnya. Dalam hal kompetensi lainnya atau soft skill itu sendiri mencangkup kemampuan beradaptasi, kemampuan memimpin, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi, dan kemampuan menganalisis. Setiap tahunnya, kampus UHAMKA berhasil mencetak lulusan bermutu dengan akidah Islam yang baik. UHAMKA memang menjadi salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia untuk dijadikan pilihan. Tak hanya prodi Pendidikan Agama Islam, UHAMKA juga memiliki berbagai program studi lainnya.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : @himapaiuhamka

TerPopuler