GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia UHAMKA

Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia UHAMKA

Program pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia UHAMKA membuka pendaftaran bagi mahasiswa lulusan universitas dalam dan luar negeri yang ingin melanjutkan program magister.

Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia UHAMKA

Program pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia UHAMKA membuka pendaftaran bagi mahasiswa lulusan universitas dalam dan luar negeri yang ingin melanjutkan program magister.

Visi

Visi program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UHAMKA ialah dapat menghasilkan lulusan unggul dan berdaya saing tinggi dalam tingkat kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan spiritual.

Misi

  1. Mengelola Program Pendidikan dengan membina tenaga pendidikan Sastra Indonesia yang Inovatif, Kreatif, dan Profesional.
  2. Menyelenggarakan Program Pendidikan dengan menghasilkan Magister Pendidikan Sastra Indonesia yang bersifat Islami dengan semangat belajar hingga sepanjang hayat dan kemampuan berpikir secara ilmiah.
  3. Membina program pendidikan S2 Pendidikan Sastra Indonesia yang peduli tentang pengembangan dan pendidikan umat lewat pendidikan sastra Indonesia.
  4. Melaksanakan program pendidikan yang dapat membuka peluang bagi lulusan untuk mengembangkan diri, berkarya dan lingkungan masyarakat mengenai pendidikan bahasa Indonesia di luar bidang pengajaran.
  5. Menyelenggarakan program pendidikan yang menghasilkan para lulusan S2 yang bisa menggali dan mengembangkan kekayaan budaya Indonesia lewat pengembangan, penelitian, serta pemasyarakatan bahasa Indonesia.

Tujuan

  • Dapat menghasilkan lulusan yang bermoral islami dan memiliki kemampuan intelektual dan spiritual.
  • Mempersiapkan tenaga pendidikan tingkat magister pendidikan bahasa Indonesia yang kreatif, inovatif, dan profesional.
  • Mempersiapkan lulusan yang mempunyai kompetensi sebagai ahli dan praktisi dalam bidang pewara, penyuntingan, penerjemahan, serta BIPA.
  • Melaksanakan program penelitian, pemasyarakatan, dan pengembangan pendidikan bahasa Indonesia.
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai tingkat kepedulian terhadap pendidikan bangsa lewat pendidikan bahasa Indonesia.

Program Mata Kuliah Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia UHAMKA

Program mata kuliah semester 1 terdiri atas Filsafat Kemuhammadiyahan, Linguistik Lanjut, Psikolinguistik, Metodologi Pengajaran Bahasa, dan Pembelajaran Menulis dengan total 13 SKS. Untuk semester II terdiri atas mata kuliah ICT dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Menyimak dan Berbicara, Penelitian Bahasa dan Sastra, Filsafat Ilmu, dan Pengembangan Apresiasi Sastra dengan total 13 SKS.

Semester III terdiri atas Landasan Ilmu Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Kurikulum dan Pengembangan Materi Ajar, dan Pembelajaran Membaca, dengan total 11 SKS. Semester IV atau semester akhir terdiri dari mata kuliah Proposal Tesis dan Tesis total 6 SKS. Jika diakumulasikan total ada 44 sks yang harus ditempuh oleh mahasiswa program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Mau Beasiswa ? Klik Disini