Indonesia dan Filipina Kerjasama Membangun Kesehatan Global | Liputan 24 Indonesia
www.uhamka.ac.id/reg
Kirim Liputan Nasional: Klik Disini | Konfirmasi Liputan Nasional: Klik Disini

Liputan 24 Indonesia

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Indonesia dan Filipina Kerjasama Membangun Kesehatan Global

Posted by On 12:51 PM

Indonesia dan Filipina Kerjasama Membangun Kesehatan Global

Tribunners / Citizen Journalism

Indonesia dan Filipina Kerjasama Membangun Kesehatan Global

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan tanpa disadari ternyata dibarengi dengan munculnya sejumlah penyakit baru.

Indonesia dan Filipina Kerjasama Membangun Kesehatan Globalist

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan tanpa disadari ternyata dibarengi dengan munculnya sejumlah penyakit baru.

Berkembangnya penyakit menular baru tentunya juga membawa dampak sosial dan ekonomi global yang terkait dengan penyakit dan kematian yang tak terduga.

Ancaman penyakit menular tersebut memang seringkali tak bisa dihindari. Le bih berbahaya lagi, kehadirannya juga acapkali tak bisa diprediksi sebelumnya.

Terlebih lagi, sebagai negara yang terletak dalam satu kawasan, Indonesia dan Filipina memiliki potensi besar dalam penularan penyakit. Kendati begitu, tak seharusnya kedua negara ini berdiam diri sambil menunggu serangan penyakit itu datang.

Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, 70% penyakit infeksi berasal dari penyakit zoonosis - penyakit yang menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Ini menunjukkan bahwa lebih dari satu aspek bisa dikaitkan dengan penyakit.

Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi dan koordinasi di antara tenaga kerja yang berhubungan dengan kesehatan dan kesehatan atau dapat disebut sebagai tenaga kerja One Health.

Melihat kondisi tersebut, Indonesia One Health University Network (INDOHUN), asosiasi perguruan tinggi negeri menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan, bertajuk Global Health True Leaders 2.0 (GHTL 2.0 ) yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat, 16-23 Juli 2018.

GHTL 2.0 merupakan program pelatihan kepemimpinan yang ditujukan untuk calon tenaga kesehatan untuk dapat berkontribusi dalam ranah kesehatan global. Pada pelatihan ini peserta akan dibekali dengan nilai-nilai kepemimpinan dalam pengembangan dunia kesehatan.

Pelatihan ini diikuti tidak hanya diikuti oleh peserta dari Indonesia namun juga peserta yang berasal dari Filipina.

“Saya merasa bahwa saya sangat mudah untuk berbaur dan menyatu dengan peserta lainnya terutama dari Indonesia. Mereka terbuka dan menyambut saya dengan sangat baik” ungkap Elle Ysabel Manabat dari University of the Philippines Manila.

Halaman selanjutnya 12 Editor: Toni Bramantoro Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com Ikuti kami di Terungkap Motif Bos Properti Bunuh Wanita Hamil yang Mayatnya Ditemukan dalam Karung Sumber: Google News Network: Liputan 24 Indonesia | Berita 24 Indonesia | Warta 24 Indonesia

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »