Ini 11 Tempat Wisata yang Harus Kamu Kunjungi di Kota Timika | Liputan 24 Indonesia
www.uhamka.ac.id/reg
Kirim Liputan Nasional: Klik Disini | Konfirmasi Liputan Nasional: Klik Disini

Liputan 24 Indonesia

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Ini 11 Tempat Wisata yang Harus Kamu Kunjungi di Kota Timika

Posted by On 10:53 AM

Ini 11 Tempat Wisata yang Harus Kamu Kunjungi di Kota Timika

Meriam peninggalan perang dunia II di Kekwa.
Advertisement

PACEBRO/SUARAPAPUA.comâ€" Kota Timika dikenal dengan istilah plesetan ‘tiap minggu kacau”, tetapi tahukah sobat? Kota Timika cukup terkenal karena stadar biaya hidupnya yang lumayan mahal, sama seperti kota-kota di Eropa.

Bagaimana tidak, di daerah ini berdiri perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia, PT Freeport Indonesia. Anak perusahaan dari perusahaan pertambangan Amerika Serikat, Freeport McMoRan Copper and Gold, Inc. ini berpusat di Tembagapura, sekitar 60 Km di utara Timika. Perusahaan ini sangat ber pengaruh dalam mendongkrak mahalnya biaya hidup.

Tetapi sobat, pemilik asli Kota Timika dua suku besar yaitu suku Amungme yang mendiami wilayah pegunungan dan suku Kamoro di wilayah pantai.

Dan selain itu, ada lima suku lainnya masih dalam suku kekerabatan yang berasal dari wilayah lain tetapi sudah lama tinggal di Kabupaten Mimika, yaitu suku Dani/Lani, Damal, Mee, Nduga, dan Moni. Belum lagi geliat bisnis di kota ini yang cukup menjanjikan. Karena hal inilah banyak masyarakat yang berdatangan dari penjuru Nusantara untuk mencoba peruntungan di Tanah Amungsa Bumi Kamoro ini.

Kabupaten Mimika menawarkan sejumlah tempat wisata/rekreasi di mana rekan-rekan dapat rehat sejenak atau menikmati pesona keindahan alam yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke daerah ini. Adapun kawasan yang dimaksud di antaranya:

1. Wisata Pantai Ipaya

Dok. PB

Ipaya merupakan kawasan gabungan tiga kampung yaitu Ipiri, Paripi, dan Yaraya. Daerah Ipaya ditargetkan menjadi kota pusat pariwisata pantai karena letaknya sangat strategis dan kekayaan alam yang melimpah. Untuk menuju lokasi pekerjaan Ipaya dari Kota Timika membutuhkan waktu perjalanan sekitar 4 jam.

Jarak kota Timika menuju Pelabuhan Pomako yaitu sekitar 43 Km yang ditempuh dengan jalur darat dan kondisi jalan cukup baik, ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam. Selanjutnya, dari Pelabuhan Pomako menuju lokasi pekerjaan di Desa Ipaya ditempuh menggunakan perahu selama 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 70 Km.

2. Taman Nasional Lorentz

Dok. Travelingyuk

Sebagian wilayah Kawasan Ta man Nasional Lorentz masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Mimika. Sebagian wilayahnya lagi masuk di wilayah Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Paniai dan Kabupaten Asmat, Kabupaten Nduga, Kabupaten Lanni Jaya, dan Kabupaten Puncak.

Di kawasan ini, sobat bisa menyaksikan keindahan pantai panorama hutan bakau dan nipah dengan akar-akar bakau yang tersusun rapi di atas permukaan air menghiasi tepi-tepi kali sepanjang mata memandang, panorama air terjun yang asri, panorama bentangan es (gletser) di Puncak Cartensz.

Setidaknya terdapat 34 tipe vegetasi diantaranya hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, dan lumut kerak.

3. Kali Pindah-pindah

Dok: flickr.com/photos/onie

Sungai/Kali Pindah-Pindah memiliki keunikan tersendiri dimana aliran airnya yang sering berpindah. Kadang alirannya di kanan, di kiri, atau di bagian tengah. Kali ini terletak di Jalan Trans Timika â€" Nabire, sekitar 1 jam dari Kota Timika.

Di pinggir sungai ditumbuhi pohon cemara yang membuat sungai ini semakin indah dan enak dipandang. Airnya sangat jernih dan dingin. Di pinggir sungai terdapat banyak batuan besar untuk duduk-duduk santai sambil rendam-rendam kaki dan menikmati keindahannya. Kali Mayon

4. Kawasan Outbound Mapurujaya

Dok. Elia Soenarie

Di tempat ini sobat bisa mencoba Flying Fox dimana kita bisa meluncur dari ketinggian 50 meter diatas permukaan tanah dengan waktu tempuh selama 30-45 detik. Ada juga jembatan gantung yang menghubungkan area pe rkantoran dengan perumahan yang melewati sungai yang cukup dalam dengan daya jelajah sekitar 30 meter.

Ada juga jembatan goyang dan jembatan tali tiga. Tak hanya itu, sobat bisa berfoto selfie di atas pohon dengan fasilitas yang safety. Tempat ini dibuka untuk umum dan untuk tarifnya terjangkaulah. Dengan adanya wahana hiburan ini melepaskan kepenatan serta mendidik untuk dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan positif.

5. Kali Kyura

Dok: Kakaidu.Wordpress.com

Lama perjalanan dari Kota Timika ke daerah ini sekitar 2 jam. Kita bisa merasakan suasananya sangat sejuk dan menenangkan. Belum lagi air yang jernih sehingga aman untuk mandi-mandi. Di kiri kanan sungai terdapat bebatuan besar semacam tebing batu yang layak untuk dijadikan tempat berswafoto.

6. Kali Iwaka

Dok: Screenshot Youtube

Kali ini letaknya di daerah Kuala Kencana, masih masuk dalam wilayah PT. Freeport, sekitar 30 menit dari kota Timika. Sungainya tidak terlalu besar dan airnya sangat jernih. Terdapat spot yang cukup dalam dengan pohon tumbang di atasnya jadi kita dapat melompat dari batang pohon ke kali.

7. Wisata Kawasan Pertambangan PT Freeport

Wisata tambang Kawasan pertambangan PT Freeport sebenarnya bukan diperuntukkan untuk berwisata. Jadi bagi yang tidak berkepentingan dilarang masuk, kecuali yang mendapat undangan khusus. Biasanya hanya momen-momen tertentu, tamu yang diundang bisa diberikan kesempatan.

Bagi yang mendapat ijin, maka bisa menyaksikan bagaimana pros es perusahaan ini dalam mengelola bahan tambang.

Melihat lokasi underground tambang yang mempesona, melihat gereja dan mesjid bawah tanah, melihat kendaraan besar yang mengangkut barang tambang, melihat lebih dekat bagaimana perusahaan ini menguras isi bumi Papua.

8. Waterboom SP3

Seperti halnya waterboom di kota-kota besar, di tempat ini, Anda bisa mengajak keluarga dan teman menikmati wahana permainan air. Yah, walaupun sarananya tak selengkap di daerah lain tapi setidaknya menjadi salah satu tujuan destinasi untuk melepas penat. Daerah ini berada di kawasan SP3.

9. Kuala Kencana

Kuala Kencana merupakan kawasan terbatas yang dikelola oleh PTFI dan seben arnya bukan kawasan yang dikhususkan untuk berwisata soalnya yang diperbolehkan masuk ke daerah ini hanya orang-orang yang memiliki kartu identitas ID PTFI atau yang telah memiliki ijin tertentu.

Setiap kendaraan yang akan masuk ke Kuala Kencana mungkin harus melewati pemeriksaan yang ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di checkpoint perbatasan Timika-Kuala Kencana.

Orang-orang terpesona dengan keasrian, kesejukan dan kebersihan kawasan ini. Para pengunjung biasanya tak melewatkan momen foto di kawasan lapangan dimana terdapat tugu yang merupakan hasil kerajinan masyarakat Papua dan dipercantik dengan semburan air mancur disekelilingnya.

Sekedar informasi bahwa Kuala Kencana adalah kota pertama di Indonesia yang telah menggunakan underground utilities untuk saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih dan pengolahan limbah yang terpusat. Tidak ada tiang jalur kabel listrik atau kabel telepon yang terlihat di lingkungan ini karena semuany a tertanam rapi di dalam tanah. Pokoknya berasa ada di luar negeri deh tempatnya.

10. Wisata Sejarah Keakwa

Keakwa mempunyai pesona pantai pasir putih yang mempesona. Kekayaan udang, kepiting dan ikannya juga melimpah. Tak hanya itu, kampung yang berada di Distrik Mimika Tengah ini pernah menjadi basis pertahanan Jepang saat diserang sekutu sewaktu Perang Dunia II.

Kampung ini menjadi basis utama pertahanan tentara Jepang melawan sekutu di bagian Selatan Papua. Disini terdapat pelabuhan utama untuk memobilisasi peralatan tempur Jepang. Kita masih bisa menemukan puing-puing barang-ba

rang peninggalan sejarah Jepang dan Amerika Serikat terutama mesin-mesin perangnya. Ada mortir, tank, meriam, peluru dan pesawat tempur.

11. Kampus Biru

Kawasan wisata yang terletak di Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah ini menarik untuk dikunjungi. Pasalnya terdapat panorama pantai yang terbentang langsung dari hamparan air laut yang membuat betah untuk bersantai bersama keluarga. Terdapat juga sumur air tawar yang berada di daerah yang dikelilingi laut.

Yaps sobat, itulah 11 wisata populer di Timika. selain itu juga masih ada yg bisa sobat explore di sekitar kota timika. Dan Informasi wisata ini mematahkan paradigma orang bahwa Timika dan kawasan sekitarnya tidak memiliki objek wisata yang asyik untuk dikunjungi. Sobat dapat menikmati panorama keindahan alam dengan jernihnya air di Sungai Mayon, Kali Iwaka dan Sungai SP 5. Bisa menikmati wisata tambang dengan mendapat ijin dari PT. Freeport Indonesia.

Mengunjungi pemandangan alam di Puncak Gunung Cartenz. Anda juga dapat berkeliling untuk melihat keindahan Kuala Kencana yang merupakan kota dalam kota denga n sejuta pesona keindahannya. Sobat juga bisa melihat lebih dekat bagaimana masyarakat asli membuat kerajinan tangan. Jadi jika sobat ke Timika, sempatkan diri ke beberapa objek wisata tersebut.

Sumber: Pace Bro

Sumber: Google News | Liputan 24 Timika

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »