Festival International Panji Indonesia Makin Meriah dengan ... | Liputan 24 Indonesia
Kirim Liputan Nasional: Klik Disini | Konfirmasi Liputan Nasional: Klik Disini

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Festival International Panji Indonesia Makin Meriah dengan ...

By On 4:24 AM

Festival International Panji Indonesia Makin Meriah dengan ...

Festival International Panji Indonesia Makin Meriah dengan Kehadiran Wardiman Djojonegoro

Sejumlah Panitia Pelaksana Festival International Panji (Inao) Indonesia 2018, memanjatkan doa bersama.

Festival International Panji Indonesia Makin Meriah dengan Kehadiran Wardiman DjojonegoroistProf. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro didampingi Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Restu Gunawan, M.Hum. Usai pemotongan tumpeng syukuran, serta mendapat ucapan selamat ulang tahun dari para Panitia Pelaksana Festival International Panji (Inao) Indonesia 2018.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyelenggaraan Festival In ternational Panji (Inao) Indonesia 2018, makin marak dengan adanya perayaan ulang tahun bagi Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Kabinet Pembangunan VI, era Pemerintahan Presiden Soeharto ini, Jum’at (22 Juni 2018), usianya genap 84 tahun.

Sejumlah Panitia Pelaksana Festival International Panji (Inao) Indonesia 2018, memanjatkan doa bersama. Selamatan dan syukuran tersebut ditandai dengan potong tumpeng.

Berlangsung di salah satu ruangan di Gedung E Lantai 9, Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta.

Doa bersama ini sekaligus menandai dimulainya pelaksanaan gelar budaya Panji, yang akan berlangsung di 8 kota, dari tanggal 27 Juni 2018 hingga 13 Juli 2018 mendatang.

“Pak Wardiman menjadi teladan bagi kita. Di usianya yang tidak muda lagi, namun beliau tetap giat dan semangat mengurus budaya. Sehat fisiknya, sehat rohaninya. Tentu ini menjadi penyemangat dan motivasi bagi yang muda-muda,” ungkap Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Restu Gunawan, M.Hum.
Terkait dengan pelaksanaan acara Festival International Panji (Inao) Indonesia, Restu Gunawan mengingatkan, bahwa kegiatan ini memiliki rentang waktu yang panjang. Dilaksanakan di 8 kota dengan berbagai jenis kegiatan yang beragam, dari mulai pameran, seminar, pelatihan dan hingga pertunjukan yang melibatkan para seniman dan budayawan internasional.

“Oleh karena itu, jaga kesehatan dan kekompakan. Sebab ini hajat besar yang melibatkan banyak pihak dan institusi. Koordinasi yang baik. Administrasi yang bagus. Acara berjalan dengan bagus, dan menghasilkan karya yang bagus,” kata Restu.

Pada kesempatan tersebut, Wardiman Djojonegoro menyampaikan terima kasih.

“Sungguh saya terkesan. Ini karya besar. Melibatkan banyak instansi. Indonesia dan keragaman. Panji itu local wisdom. Muatan lokal sebagai p emersatu. Melalui acara ini kita dorong terus agar tumbuh ‘Panji Mania’ di masyarakat,” tutur Wardiman, sebagai inisiator gelar budaya Panji ini.

Menurut Wardiman, Indonesia secara geografis luas, yang menyebabkan budaya masyarakatnya sangat beragam. Kisah-kisah masa lalu, menurutnya, dapat menjadi sumber informasi, selain mengandung nilai sejarah, dan pesan moral. Salah satu kisah masa lalu itu, adalah ‘Cerita Panji.’

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Toni Bramantoro Ikuti kami di Beredar Video Syur Disebut Mirip Dirinya, Aura Kasih: Heboh pada WA Gue, Sok Atuh Dicek Sumber: Google News Netwo rk: Liputan 24 Indonesia | Berita 24 Indonesia | Warta 24 Indonesia

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »