www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Bikin Nagih, Ini 5 Makanan Berkuah Sambal Kacang Khas Indonesia!

Posted by On 7:52 AM

Bikin Nagih, Ini 5 Makanan Berkuah Sambal Kacang Khas Indonesia!

Bikin Nagih, Ini 5 Makanan Berkuah Sambal Kacang Khas Indonesia!alamy.com

Seperti yang kita tahu kebanyakan makanan di Indonesia tidak terlepas dengan penggunaan sambel. Ada berbagai macam sambel yang ada di Indonesia yang memiliki keunikan rasa, aroma, dan tampilan yang menggiurkan. Salah satu sambal yang paling digemari dan dijumpai dalam beberapa makanan Indonesia adalah sambal kacang.

Sambal kacang terbuat dari kacang tanah yang memiliki banyak kandungan gizi dan memiliki rasa yang enak saat dinikmati. Berikut ini adalah 6 makanan Indonesia yang kuahnya merupakan sambal kacang.

1. Pecel

Bikin Nagih, Ini 5 Makanan Berkuah Sambal Kacang Khas Indonesia!alamy.com

Pecel adalah salah satu makanan khas Indonesia yang mudah kita jumpai diberbagai wilayah di Indonesia. Pecel disajikan dengan nasi yang ditambahkan sayuran seperti kecambang, bayam, kacang yang disiram dengan kuah sambal kacang. Pecel juga bisa ditambahkan aneka lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, telur asin, ayam goreng, dan juga peyek.

Sambal kacang terbuat dari kacang tanah goreng yang ditambhakan gula merah, asam, garam secukupnya dan juga daun jeruk, cabai. Campuran bahan tersebut menimbulkan rasa sambal yang pedas, manis, asam, dan juga gurih.

2. Batagor

Bikin Nagih, Ini 5 Makanan Berkuah Sambal Kacang Khas Indonesia!icone-inc.org

Batogor adalah makanan yang terbuat dari daging ikan dengan penambahan bumbu terte ntu yang dimasukkan ke dalam kulit pangsit dan selajutnya digoreng. Penyajian batagor cukup mudah yaitu potong kulit pangsit berisi daging ikan yang telah selesai digoreng, tata sesuai dengan selera di atas piring kemudian guyur dengan sambal kacang, kecap secukupnya dan tambahkan sambal cabai jika kurang pedas.

3. Siomay

Bikin Nagih, Ini 5 Makanan Berkuah Sambal Kacang Khas Indonesia!dapurkobe.co.id

Siomay mempunyai kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan juga vitamin. Kandungan gizi protein didapatkan dari telur, tahu, dan kulit pangsit kukus yang berisi daging ikan. Cara penyajian siomay yaitu dengan memasukkan kulit pangsit kukus berisi ikan ke dalam piring, tambahkan kentang rebus, kubis rebus, tahu rebus, telur rebus kemudian guyur dengan sambal kacang.

EDITORS' PICKS

  1. 7 Resep Unik Berbahan Nutella yang Cocok untuk Buka Puasa
  2. Ternyata Ini Alasan Sirup Cocopandan Berwarna Merah, Bukan Hijau

Jangan lupa tambahkan potongan jeruk nipis diatasnya jika menginginkan rasa sambal kacang yang sedikit asam.

4. Tahu Telur

Bikin Nagih, Ini 5 Makanan Berkuah Sambal Kacang Khas Indonesia!youtube.com

Tahu telur adalah salah kuliner dengan guyuran sambal kacang yang memiliki rasa gurih, pedas, dan manis. Bumbu kacang tahu telur terbuat dari kacang tanah goreng, cabai, garam secukupnya, gula merah secukupnya, kecap secukupnya dan petis secukupnya, kemudian semua bahan dihaluskan menjadi satu.

Berbeda dengan rujak atau pecel isian dari tahu telur ini adalah telur dan tahu yang digoreng menjadi satu dengan ditambahkan irisan daun bawang kemudian disajikan dengan irisan timun, kecambah, irisan daun seledri dan diguyur sambal kacang.

5. Sate

Bikin Nagih, Ini 5 Makanan Berkuah Sambal Kacang Khas Indonesia!selerasa.com

Sate adalah kuliner nusantara yang terbuat dari potongan daging sapi, kambing ataupun ayam yang dibakar dengan menggunakan bara api. Saat ini kita bisa dapat temukan sate yang terbuat tidak hanya dari daging tapi juga dari ikan, jamur, tahu ataupun tempe.

Sate bisa dinikmati dengan nasi ataupun lonton. Penyajiannya cukup dengan mengguyur sate dengan kuah sambal kacang yang kemudian di atasnya ditambahkan potongan jeruk nipis dan potongan bawang merah.

< h2>6. RujakBikin Nagih, Ini 5 Makanan Berkuah Sambal Kacang Khas Indonesia!khasiat.co.id

Meskipun terlihat mirip dengan pecel namun bumbu sambal kacang dan isian yang dimasukkan dalam rujak sangat berbeda. Bumbu sambal kacang ada rujak terbuat dari kacang tanah goreng, cabai, garam secukupnya, gula merah secukupnya, potongan pisang yang masih muda secukupnya dan petis secukupnya yang dicampur kemudian dihaluskan.

Rujak biasanya disajikan dengan lontong yang ditambahkan kecambang, potongan tahu goreng, tempe goreng, sayuran yang diguyur dengan sambal kacang.

Itulah 6 makanan dengan kuah sambal kacang yang enak semua rasanya, jangan lupa untuk mencoba ya!

Info lengkap klik di sini

#MasakItuGampang: Bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel seputar tips & rekomendasi kuliner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More Agustin FatimahEditorAgustin FatimahRegister IDN Times CommunitySumber: Google News | Liputan 24 Tanah Merah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »