www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Komando Operasi TNI AU ke-3 RI Dibangun di Biak Papua

Posted by On 3:55 AM

Komando Operasi TNI AU ke-3 RI Dibangun di Biak Papua

KSAU Marsekal Yuyu Sutisna

KSAU Marsekal Yuyu Sutisna. (Foto: Reki Febrian/kumparan)
TNI AU akan membentuk satu Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) baru untuk menjaga wilayah timur Indonesia. Rencananya, komando operasi ketiga TNI AU ini akan bermarkas di Biak, Papua. “Sementara ini rencananya makonya (Markas Komando) di Biak. Karena fasilitas infrastruktur sudah memadai jadi tidak harus kita keluarkan anggaran membangunya,” ucap Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, usai upacara puncak peringatan HUT Ke-72 TNI AU, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Senin (9/4).

Penyerahan 24 Pesawat F-16

Penyerahan 24 Pesawat F-16 (Foto: ANTARA FOTO/Siswowidodo)
Yuyu menjelaskan, pembentukan Koopsau 3 ini untuk mengantisipasi ancamanan keamanan wilayah udara Indonesia yang sangat luas, terlebih wilayah Timur Indonesia.“Karena wilayah timur cukup luas juga kita tambah 1 Koopsau. Mudah-mudahan prosesnya enggak terlalu lama untuk dibentuk,” imbuh mantan Wakasau itu.Saat ini, wilayah Indonesia Timur berada di bawah pengawasan dari Koopsau 2 yang bermarkas di Lanud Sultan Hasanudin, Makassar. Koopsau 2 meliputi wilayah Sulawesi, sebagian Jawa, Maluku, dan Papua.

Baca Juga :

  • Anies: Kekuatan TNI AU adalah Kunci Utama Pertahanan Negara
  • KSAU: Prajurit TNI AU Tak Boleh Ikut Politik Praktis
  • TNI AU Rayakan HUT ke-72 dengan Sederhana Tanpa Atraksi Udara
Nantinya, Koopsau 3 ini dilengkapi dengan satu skadron tempur dan satu skadron angkut baru. Skadron baru ini bukan pemindahan dari Koopsau yang ada, tapi memang membuat satuan baru.“Sesuai dengan yang sudah kita rencanakan sejak semula. Jadi tidak memindah skadron yang ada di tengah maupun di barat,” tambah tutur Yuyu.Yuyu memastikan, pembentukan Koopsau yang baru ini sudah diajukan ke Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.“Sedang dalam proses, tinggal tunggu perintah dari komando atas,” ucap dia.Sumber: Google News | Liputan 24 Biak

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »